Saturday, May 16, 2009

Perawatan Printer: Membersihkan Tinta yang Mengering pada Nozzle

Hasil cetakan yang bergaris pada printer inkjet biasanya disebabkan oleh adanya tinta yang mengering pada bagian nozzle. Untuk printer yang menggunakan tinta original masalah ini biasanya lebih jarang terjadi kecuali jika printer sudah lama tidak di gunakan untuk mencetak. Tetapi untuk printer yang menggunakan tinta compatible atau refill, masalah seperti ini sangat sering terjadi. Solusinya adalah dengan cara membersihkan tinta yang mengering di nozzle.

Pada printer yang memiliki Cartridge dengan head yang terpisah (biasanya printer model lama), tinta dibersihkan dengan cara meneteskan air panas pada lubang penahan cartidge tempat keluaran tinta. Kemudian didiamkan selama 1 hari. Setelah itu, cairan dibersihkan dengan tisu. Nozzle bisa dibersihkan dengan cara merendam sedikit pada bagian nozzle dengan air panas (hanya bagian nozzle, jangan seluruh cartridge karena beresiko rusak!). Biarkan selama 1 jam, kemudian keringkan nozzle dengan tisu.

untuk cartidge pada printer keluaran terbaru, nozzle biasanya menyatu dengan tangki tinta. Untuk membersihkan tinta yang mengering pun relatif lebih mudah. Cukup dengan menggunakan tisu basah yang ditempelkan pada bagian nozzle. Biarkan selama 1 jam, kemudian keringkan dengan tisu.

Setelah selesai dengan membersihkan tinta yang mengering pada nozzle, dilanjutkan dengan menggunakan fungsi maintenance dari software bawaan printer. Pilih membersihkan nozzle atau head printer, uji hasil cetakan dengan mencetak tulisan atau gambar. Printer siap digunakan kembali.