Monday, May 4, 2009

Perbaiki File yang Disembunyikan Virus

Infeksi virus pada USB FlashDisk biasanya mengakibatkan beberapa file yang berada didalam FD hilang. Sebenarnya yang terjadi adalah file- file tersebut tidak benar-benar hilang, tetapi hanya dalam kondisi hidden file. Sekalipun pada folder option sudah diatur untuk menampilkan file yang disembunyikan, tetap tidak dapat melihat file yang disembunyikan oleh virus.

Cara paling mudah untuk menampilkan file-file tersebut adalah dengan menggunakan software. Beberapa software berbayar seperti contohnya ACDSee sudah sangat baik untuk menampilkan file yang disembunyikan. Bahkan tidak hanya menampilkan tetapi juga dapat mengembalikan kondisi file agar tidak dalam keadaan hidden. Tetapi tidak semua orang mampu untuk membeli software yang berbayar. Solusinya adalah menggunakan software freeware.

Disk Heal dapat digunakan untuk memulihkan file-file yang disembunyikan oleh virus. SetUp Disk heal dapat diunduh di www.luqsoft.com . Pada software ini, tersedia beberapa tools sederhana untuk memperbaiki masalah dan melakukan beberapa Tweaking. Contohnya adalah, pada tab Fix, tersedia pilihan untuk me-restore file atau folder yang disembunyikan oleh virus. Jika diketahui nama folder atau file yang disembunyikan virus, maka dapat langsung memasukkan directory folder dan file seperti contoh berikut