Sunday, April 5, 2009

Meningkatkan Performa Grafis NVidia pada Notebook

Notebook atau lebih dikenal dengan nama laptop dikenal memiliki performa yang lebih rendah daripada komputer desktop sekalipun dengan spesifikasi yang sama antara keduanya. Perbedaan performa tak terkecuali terjadi juga pada Graphic Processing Unit (GPU). Sebagai contoh, GeForce 8600m GT pada laptop setara kemampuannya dengan GeForce 8500 GT. Selain itu, kestabilan kerja dari gafis pada laptop juga kurang baik. Sering terjadi penurunan fps secara signifikan saat sedang bermain game. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh kualitas grafis pada game dan detail objek. Untuk sedikit mengurangi masalah tersebut, setidaknya sedikit meningkatkan performa dari GPU, maka dapat disiasati dengan cara mengupdate driver GPU ke versi yang lebih baru.

Untuk contoh kali ini digunakan laptop dengan GPU NVidia GeForce 8400m G. Dari hasil meng-update driver GPU, terlihat bahwa performa GeForce 8400m G meningkat sebesar 10,72% tanpa dilakukan overclock. Hasil tersebut diperoleh dari mengganti driver GPU bawaan dengan driver versi 182.50 (GeForce 8 versi desktop)

forceware v.179.48 (notebook version)



forceware v.182.50 (desktop version)


Berikut adalah cara untuk menginstal driver versi desktop ke laptop:
  1. Buka System Properties > Hardware > Device Manager > Display Adapter > NVIDIA GeForce > Driver > Update Driver.
  2. Pada Hardware Update Wizard, hilangkan tanda centang pada pilihan Show compatible hardware. Pilih jenis GPU dan klik Have Disk