Thursday, April 9, 2009

Perbarui Password Komputer Secara Acak

Password merupakan kata rahasia atau serangkaian karakter yang dapat berupa huruf, angka atau kombinasi dari keduanya dan bahkan kombinasi dari simbol yang digunakan untuk menyatakan keaslian atau pembuktian dari identitas. Pada komputer, password merupakan benteng pertama yang menjaga komputer dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian data dan sebagainya.

Komputer yang memiliki password yang kuat memiliki keamanan yang kuat juga tetapi terbatas pada waktu tertentu saja. Apalagi jika komputer tersebut terhubung ke jaringan atau internet. Hal ini disebabkan karena password pada komputer manapun dan serumit apapun dapat dibobol baik dengan cara di-crack ataupun dengan menggunakan software pencari password. Hanya masalah waktu saja sampai akhirnya password ditemukan atau dibobol tergantung dari kerumitan password yang digunakan. Untuk menghindari masalah seperti ini, cara yang paling sederhana dan paling efektif adalah dengan mengganti password secara berkala. Tetapi yang menjadi kendala utama adalah selain dari kemampuan mengingat password yang baru ( bisa disebabkan karena malas, atau memang karena daya ingat yang lemah), juga karena susahnya mencari serangkaian karakter baru yang akan digunakan sebagai password yang baru. Jika masalahnya karena kesulitan mengingat password, maka solusinya adalah temukan sendiri metode untuk mengingat password yang paling memudahkan dalam mengingat password ( tidak akan dibahas). Tetapi jika masalahnya adalah pada pencarian rangkaian karakter baru untuk digunakan sebagai password, maka solusi berikut mungkin dapat membantu anda.
  • buka "command prompt" dengan cara mengklik "start> Run", kemudian ketikkan cmd pada jendela "Run" dan klik "OK" atau tekan "ENTER"
  • pada jendela "command prompt" yang telah terbuka, ketikkan net user(spasi)"nama User"(spasi)/random dan tekan enter, seperti dicontohkan berikut










  • password yang baru akan muncul. ingatlah untuk mencatat atau mengingat password yang baru karena selanjutnya untuk nama user tersebut akan menggunakan password yang baru saat akan mengakses komputer