Monday, April 13, 2009

Troubleshooting : NTLDR is missing

----Bikin tulisan selingan di blog ahh,.. Awalnya gw cuma mo ngisi blog gw dengan tips utak-atik windows doank. Tapi tertarik juga untuk nulis review, n' sekarang kepikiran untuk nulis Troubleshooting. Untuk Tulisan yang pertama ini sengaja gw pilih "NTLDR is missing", coz ini masalah komputer yang terakhir kali gw beresin, jadi baru kepikiran yang ini doank. Mungkin ga semua pengguna komputer pernah nemuin masalah kaya gini, tapi gw yakin pasti banyak.----

Kasus NTLDR is missing disebabkan karena ada dua file start yang hilang (selain dari file boot.ini). Kedua file tersebut namanya ntldr.exe dan ntdetect.com. Solusinya cukup sederhana yaitu dengan cara meng-copy ulang kedua file tersebut. Cara ini menggunakan CD Windows yang bootable, langkah-langkahnya adalah sbb:
  • Jalankan restore-console
  • login sebagai Administrator atau sebagai user setara administrator
  • Masukkan perintah copy d:\i386\ntldr c:\ untuk meng-copy ntldr.exe
  • Masukkan perintah copy d:\i386\ntdetect.com c:\ untuk meng-copy ntdetect.com
catatan :
d dan c pada langkah-langkah diatas adalah drive.
d untuk CD atau DVD rom, sedangkan c adalah partisi Windows pada harddisk. Kedua drive letter dapat berbeda pada komputer yang berbeda.